Jumlah Calon Jemaah Haji Kab. Ende Meningkat

Jumlah penduduk Islam Kabupaten Ende mencapai 65.299(Data Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende). Ini menandai pertumbuhan umat Islam Kab. Ende mengalami perkembangan yang sangat pesat. Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk muslim Kabupaten Ende ini, berbagai sarana dan prasarana publik yang menyetuh dan melayani umat muslim juga begitu baik diperhatikan.
Sarana pendidikan dan peribadatan tersebar di setiap Kecamatan se-Kabupaten Ende. Pemerintah Daerah Kabupaten Ende dalam kerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kab. Ende telah beupaya maksimal melayani kegiatan peribadatan umat Islam. Khusus pelayanan bagi penyelenggaraan ibadah Haji, pemerintah Kab. Ende telah menempuh berbagai jalan dan cara sebagai jawaban atas Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Dalam kaitan dengan penyelenggaraan ibadah Haji ini, pemerintah dituntut untuk bersikap profesional, akuntabel, transparan, berkeadilan serta memiliki prinsip nirlaba dengan mengedepankan kepentingan jemaah.
Berdasarkan pertimbangan jumlah penduduk Islam Kabupaten Ende, dan sesuai pertimbangan pembagian kuota sesuai standar nasional (Per-seribu) maka jatah calon jemaah Haji untuk Kabupaten Ende sesungguhnya berjumlah kurang-lebih 65 (Enam Puluh Lima) orang. Namun atas pertimbangan dan kebijakan Nasional, Kabupaten/Kota se-Propinsi NTT mendapat penambahan jatah calon jemaah Haji. Kuota calon jemaah Haji asal Kabupaten Ende berjumlah 93 (Sembilan Puluh Tiga) orang. Kebijakan ini ditempuh guna mengurangi daftar tunggu calon jemaah Haji asal Kabupaten Ende yang semakin membengkak dari tahun ke tahun sekaligus sebagai bentuk perimbangan dengan Kabupaten/Kota di propinsi lain se- Indonesia. Hal semacam ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap aspirasi masyarakat, kata Wakil Bupati Ende (Drs. Ahmad Mochdar) pada kesempatan pengarahan kepada calon jemaah Haji asal Kabupaten Ende, tanggal 29 Juli 2010 di Gedung Baranuri Ende. Pada kesempatan ini, Wakil Bupati menggarisbawahi persoalan utama dalam penyelenggaraan ibadah Haji asal Kabupaten Ende adalah Ketidaksabaran, padahal kesabaran itu merupakan syarat mutlak dalam ibadah Haji itu sendiri.
Dalam pengurusan calon jemaah Haji asal Kabupaten Ende tahun 2010 ini, calon jemaah Haji sudah memperlihatkan ketidaksabaran dalam menanti jumlah jemaah Haji asal Kabupaten Ende. Para calon telah beberapa kali melayangkan surat kepada Gubernur mempertanyakan soal ini, padahal Pemerintah Daerah Kabupaten Ende bersama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende telah dan sedang berupaya mengikuti tahap demi tahap proses pengurusan calon jemaah Haji asal Kabupaten Ende agar berjalan dengan baik sesuai tata aturan yang telah ditetapkan. Ditambahkan bahwa pemerintah dalam menyampaikan informasi publik sedapat mungkin menghindari kondisi ketergesa-gesaan. Pemerintah tetap berhati-hati dalam mengkomunikasikan informasi guna menghindari misinterpretasi yang berakibat kesimpangsiuran berita atau informasi itu. Dalam arahannya, Wakill Bupati Ende juga menyeringkan pengalaman perjalanan Hajinya. Beliau mengingatkan bahwa, kesabaran menjadi kunci utama dalam kegiatan Haji, selain agar tidak tersesat dalam perjalanan Haji, kesabaran memiliki kedekatan dengan kepasrahan. Kepasrahan sebagai ungkapan iman kepada Allah harus juga dimanifestasikan dalam mentaati tata aturan yang berlaku, mentaati pemimpin atau pengurus. Pengalaman peserta yang tersesat atau tertipu biasanya disebabkan karena ketidaksabarannya dalam mengikuti petunjuk atau arahan yang disampaikan oleh ketua regu bahkan melawan aturan pemerintahan setempat.
Selanjutnya..., informasi terakhir dari Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende (A. Wahab) bahwa jumlah jemaah Haji asal Kabupaten Ende adalah 93 (Sembilan Puluh Tiga) orang. Dari total jumlah calon jemaah Haji itu, 1 (Satu) orang telah meninggal dunia, 6 (Enam) orang batal, sehingga total jumlah calon jemaah haji asal Kabupaten sampai saat ini adalah 87 (Delapan Puluh Tujuh) orang. Dari total peserta yang ada, ditambah peserta dari Kabupaten Soe sebanyak 2 (Dua) orang, atas nama : Drs. Syaiful Heja dan Kasbunal Islamiyah, sehingga total calon jemaah Haji yang diberangkatkan dari Kabupaten Ende berjumlah 89 (Delapan Puluh Sembilan) orang. Dengan jumlah yang ada, maka calon jemaah Haji asal Kabupaten Ende dapat dibagi menjadi 2 (Dua) rombongan dan 8 (Delapan) regu. Selamat menjalanjakan ibadah Haji, semoga menjadi Haji yang mahbrur. Admin.