MIN ENDE Menggelar Acara Berbuka Puasa Bersama

Tampak dalam gambar H. Pua Ibrahim S.Pd (kasi kependais), H. A. Wahab Daud, Yosef Nganggo, S.Ag (PYMT Kakankemenag kab. Ende) dan Drs. Abraham Badu (staf ahli Pemda Kab. Ende) ketika mengikuti acara berbuka puasa bersama di halaman MIN Ende, Jalan Ahmad Yani, Sabtu, 14 Agustus 2010.
Pembangunan nasional memiliki sasaran terciptanya masyarakat Indonesia yang sejahtera baik jasmani maupun rohani berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam upaya mencapai keseimbangan itu, tidak sedikit tantangan baik dalam pola kebijakan pembangunan maupun realitas globalisasi informasi yang mengubah cara pandang dan moralitas. Kenyataan ini akan semakin terpuruk jika orientasi pembangunan kita tidak menyentuh pada nilai etika dan moral serta keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menyadari arti penting pembangunan moral dan mentalitas bangsa yang bermartabat ini, Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ende sebagai sebuah lembaga pendidikan terus berupaya menanamkan sejak awal pada anak didik rasa persaudaraan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan serta solidaritas sebagai jati diri kebangsaan Indonesia.

Menimbang arti penting persaudaraan dan kekeluargaan itu, dalam nuansa ibadah puasa, para guru, orang tua murid serta komite sekolah menyelenggarakan acara silaturahmi dan berbuka puasa bersama. Ini merupakan terobosan perdana MIN Ende yang melibatkan undangan sebanyak 500 orang termasuk di dalamnya Bupati Ende, Muspida Kab. Ende, Anggota DPRD Kab. Ende para tokoh agama, pemerhati pendidikan, para orang tua murid serta siswa-siswi MIN Ende, demikian kata ketua panitia Bpk. Mas΄ud Rodja. Dalam menyukseskan kegiatan ini, peran orang tua murid sangat nampak, mulai dari perencanaan, pendanaan sampai pelaksanaannya. Ini adalah sebuah kesadaran baru yang mulai dibangun mengingat pentingnya kerja sama orang tua murid dengan stakeholders lain dalam sebuah lembaga pendidikan, demikian kata kepala sekolah MIN Ende, Dra. Ani Mapawa.
Kegiatan bernuansa Islamik dengan penceramah Bpk. H. Pua Ibrahim,S.Pd ini, (beliau adalah kepala seksi kependidikan agama Islam dan Pemberdayaan Masjid Kementerian Agama Kab. Ende) tidak menghilangkan sifat nasionalis dan nilai-nilai budaya bangsa. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman MIN Ende, Jalan Ahmad Yani, pada tanggal 14 Agustus 2010. Kegiatan ini memiliki nilai dan makna yang amat tinggi yaitu meningkatkan persaudaraan antara orang tua, para guru, pengurus komite sekolah, pemerhati pendidikan, para tokoh agama serta pemerintah daerah kabupaten Ende dalam upaya bersama meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Ende. Moment yang sangat inspiratif ini hendaknya diteruskan pada kesempatan yang akan datang, demikian himbauan Bupati Ende dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bpk. Abraham Badu.
Hal senada juga disampaikan oleh wakil dari anggota DPRD Kabupaten Ende, H. Supohan. Haji Supohan menyampaikan pentingnya pendidikan nilai bagi anak-anak didik sejak sekolah dasar sebagai bekal dalam menekuni dunia pendidikan lebih lanjut agar tidak takabur. Selanjutnya, Bpk Yosef Nganggo, S. Ag sebagai PYMT Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende juga menyampaian apresiasi dan penghargaan kepada MIN Ende atas keberanian dan inisiatif yang positif dalam mendukung pembangunan kerukunan di Kabupaten Ende. Beliau menyampaikan penghargaannya atas segala pengorbanan orang tua murid dalam mendukung program pendidikan pada MIN Ende.
Inilah sebuah awal yang baik sekaligus pemicu keberlanjutan pada tahun-tahun yang akan datang. Siswa-siswi MIN Ende yang berjumlah 427 orang merupakan aset dan masa depan bangsa yang patut mendapat dukungan dari semua pihak dalam proses pendidikan dan perkembangannya. Siapa lagi yang menyusul? (Admin)