Natal Bersama Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Kabupaten Ende


Pada hari Sabtu, 08 Januari 2011 di halam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende berlangsung Natal bersama Dharma Wanita Persatuan Agama Kabupaten Ende. Dalam Kesempatan Natal bersama ini, hadir segenap Pejabat Struktural dan Fungsional pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, Para Kepala Madrasah Negeri dan Swasta, Para Kepala KUA Kecamatan se-Kabupaten Ende, Para Penyuluh, Penghulu. Pada kegiatan natal bersama ini juga dihadiri para tokoh agama-agama sekabupaten Ende.


Pelaksanaan kegaiatan natal bersama yang diprakarsai oleh Dharma Wanita Persatuan Unit Agama Kabupaten Ende ini mengambil Tema : Damai Bersemi Dalam Hati Setiap Orang Yang Brkehendak Baik. Tema sentral ini menginspirasi romo Klemens Soa, Pr dalam membawakan materi yang menantang dan kontekstual yaitu pentingnya lembaga kementerian agama sebagai pengawal kerukunan dan perdamaian sebagai dasar pembangunan yang utuh; fisik dan moral keagamaan. Perdamaian dan kerukunan yang kita cita-citakan dan perjuangkan harus dimulai dari dalam hati setiap orang. Dan orang-orang yang berkehendak baik adalah orang yang beriman. Oleh karena itu, orang-orang beriman hendaknya menjadi pelopor kerukunan itu sendiri.

Pelaksanaan natal bersama atau perayaan kebersamaan pada hari-hari besar keagamaan yang diwarnai kekeluargaan ini merupakan kebiasaan pada kantor Kementerian Agama. Kebiasaan baik ini selalu dilaksanakan dalam nada persaudaraan. Keterlibatan semua agama dalam meriahkan kebesaran agama lain merupakan contoh nyata saling menghargai dan menghormati satu agama terhadap agama lain; kata Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan Unit Kementerian Agama Kabupaten Ende, Ny. Xaveria Adelheid Sarman dalam kesempatan sambutannya. Ibu Xaveria menambahkan bahwa, kedamaian dan kerukunan justru harus dimulai dari dapur rumah tangga. Cita-cita kerukunan dan perdamaian itu akan menjadi sia-sia jika tanpa dukungan para Ibu Dharma Wanita, karena dari rahim ibu-ibu lah kerukunan itu dapat terlahir.

Natal bersama yang penuh keakraban ini menggugah hati bapak kepala kantor kementerian agama kabupaten Ende, Drs. Sarman Marselinus yang dalam kesempatan sambutannya mengucapkan terima kasih atas partisipasi ibu-ibu dharma wanita persatuan unit agama kabupaten Ende. Bapak kepala Kantor Kemenag Kab. Ende menyatakan apresiasi atas keterlibatan semua agama dalam meriahramaikan natal bersama maupun dalam kebersamaan pada hari-hari besar keagamaan lainnya. Lebih jauh bapak Kepala kantor Kemenag Kab. Ende juga mengatakan bahwa kedamaian dengan sesama manusia juga harus dapat ditunjukan dalam berdamai dengan alam sekitar. Sebagai bentuk dukungan kantor kementerian agama Kabupaten Ende terhadap salah satu misi pemerintah daerah kabupaten Ende yaitu GSP.2012, Kementerian Agama Kabupaten Ende berkomitmen untuk melakukan penghijauan di setiap satuan kerja, unit kerja maupun pengabdian kepada masyarakat. Berkaitan dengan ini, dalam kesempatan natal bersama ini juga Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende menyerahkan anakan trambesi kepada wakil dari Dharma Wanita, Kepala Madrasa, Kepala KUA, dan kepada karyawan-karyawati.

Pelaksanaan natal bersama yang diwarnai suasana penuh sukaria dan persaudaraan ini dikemas dalam berbagai acara hiburan yang melibatkan semua agama. Tampil dalam acara ini, tarian rokatenda putera-puteri Madrasah Ibtidaiyan Negeri Ende, paduan suara dari gereja GMIT Ende, paduan suara dari Ibu-Ibu Dharma Wanita khususnya yang beragama Islam, tarian dari putri-putri pasraman beragama Hindu. Acara sukaria ini diakhiri dengan gawi dan jaii bersama. Salam damai natal.