Doa Peresmian Monumen Bung Karno di Ende Flores



DOA PERINGATAN PIDATO BUNGKARNO 1 JUNI 1945, PERESMIAN MONUMEN BUNG KARNO
SERTA SITUS RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO DI ENDE


(Kakankemenag Kab. Ende : Yosef Nganggo, S. Ag, saat membawakan Doa)

Bapak Wakil Presiden dan hadirin sekalian, ditengah moment kegembiraan ini, saya mengajak kita sekalian untuk sejenak merenung dan berdoa sesuai penghayatan keagamaan kita masing-masing. Dan Yang beragama Katolik mengikuti doa yang saya hantarkan berikut ini.

Marilah kita berdoa,
Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.
Ya Allah, Bapa yang Maha Kuasa dan Maha Penyelenggara,

Puji dan syukur kami haturkan kehadirat-Mu, atas segala rahmat dan berkat-Mu berlimpah, yang boleh kami nikmati dari waktu ke waktu, sepanjang hidup kami.
Secara khusus hari ini kami bersyukur, karena dalam sejarah perjuangan bangsa yang kian panjang dan melelahkan, Roh-Mu yang kudus senantiasa ada bersama kami, berjuang bersama kami, menuntun dan menyelematkan bangsa kami dalam dan melalui diri hamba-Mu Bung Karno, menuju sebuah negara Indonesia yang merdeka, dibawah panji Pancasila.


Saat ini ya Tuhan, kami para ahli waris, penerus negeri ini berkumpul bersama memperingati Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, dan menyaksikan peresmian Monumen Bung Karno serta Situs Rumah pengasingan Bung Karno di Ende Flores. Ditempat ini, delapan puluh tahun silam, beliau pernah menghabiskan waktunya untuk sebuah cita-cita maha besar; Indonesia yang merdeka, yang kuat, yang dijalin dari perbedaan agama, etnis, suku dan daerah. Sebuah jalinan yang tidak didominasi oleh salah satu unsurnya.


Ya Tuhan Yang Maha Murah,
Semoga dengan peresmian ini, semakin memperkuat ikatan batin antara Ende-Flores dan daerah-daerah lainnya dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, antara satu generasi dan generasi lainnya di masa mendatang. Mampukan kami ya Tuhan agar semakin giat dalam mengusahakan perwujudan nilai-nilai perjuangan dan cita-cita bangsa dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju Indonesia Jaya.

Akhirnya ya Tuhan, kami juga berdoa untuk keselamatan perjalanan Bapak Wakil Presiden dan Bapak Ketua MPR beserta rombongan serta kami semua yang telah mengambil bagian dalam peristiwa ini, kiranya kasih-Mu senantiasa menuntun kami sekalian menuju pelabuhan tujuan kami masing-masing.

Doa dan harapan ini, kami sampaikan kepada-Mu dengan perantaraan Kristus Tuhan kami, Amin.
Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.