Penyuluh Agama Katolik Non PNS Optimis Menciptakan Umat Yang BERNAS


Pada hari Rabu, 07 September 2011 bertempat di Aula Olangari, jalan Melati Ende telah diselenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Penyuluh Agama Katolik Non PNS Tingkat Kabupaten Ende oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende. Kesempatan ini merupakan moment penting guna saling berbagi pengalaman antara sesama Penyuluh Agama Katolik Non PNS yang notabene adalah para Pastor Paroki dan Pastor Kapelan selama pengabdiannya di medan tugas. Kesempatan ini juga merupakan moment silahturahmi bersama bapak Yosef Nganggo, S. Ag yang telah banyak bergiat dalam karya pastoral Keuskupan Agung Ende, khususnya Kevikepan Ende setelah dilantiknya sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende beberapa bulan yang lalu.


Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende dalam kesempatan sambutannya, menyatakan penghargaannya yang dalam atas karya dan partisipasi para Pastor sebagai pemimpin umat dalam pembangunan moral dan spiritual. Beliau menambahkan bahwa konsep pembangunan yang utuh selalu menempatkan moral dan spiritual sebagai roh penggerak terciptanya pembangunan fisik. Ini sejalan dengan Visi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende “BERNAS”; beriman, cerdas, rukun dan sejahtera.  Dengan beriman secara sungguh-sungguh dan cerdas maka suasana kerukunan dapat terpelihara, dan dalam suasana hidup yang penuh kerukunan upaya pembangunan dapat dilaksanakan dengan baik menuju kesejahteraan masyarakat. Bapak kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Ende mengakui, bahwa dalam menyelesaikan riak-riak kecil yang mengganggu kerukunan hidup beragama di Kabupaten Ende, pemerintah dalam hal ini Kantor Kementerian Agama selalu melibatkan para Tokoh Agama sebagai corong yang menyalurkan perintah undang-undang dalam bahasa agama.

Dalam pertemuan ini juga diangkat materi Peraturan Bersama Menteria Agama dan Menteri Dalam Negeri No.9 dan No.8 Tahun 2006, tentang Tata Cata Pendirian Tempat Ibadat dan Pemanfaatan Tempat atau Gedung sebagai Tempat Ibadat Sementra. Materi yang dibawakan oleh Rm. Ambrosius Nanga, Pr sebagai Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Ende ini memicu diskusi hangat sehingga sungguh mendapat pencerahan atas jawaban dan penjelasan tentang fakta hukum dan peraturan pemerintah yang bersifat wajib dilaksanakan oleh segenap warga bangsa. Akhirnya, segenap Penyuluh Agama Katolik Non PNS optimis dapat menciptakan masyarakat beragama Kabupaten Ende yang BERNAS. Ed. Flv.