MEMBANGUN SPIRITUALITAS KEKITAAN

Apel Kesadaran yang diikuti dengan rapat koordianasi tingkat madrasah negeri sekabupaten Ende diselenggarakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Wolowaru di Wolowaru. Kegiatan koordinasi pendidikan keagamaan pada madrasah negeri sekabupaten Ende oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende pada tanggal 17 Oktober 2011 sebagai salah satu upaya menata Kementerian Agama Kabupaten Ende menuju Ende BERNAS yakni Masyarakat Beriman, Cerdas, Rukun dan Sejahtera.
       Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende telah dibangun komitmen bersama segeap jajaran Kementerian Agama Kabupaten Ende untuk membangun spiritualitas kekitaan, menendang sekat-sekat pemisah guna memperkuat sinergisitas dalam mewujudkan pembangunan bidang agama.
      Kegiatan yang dilakukan pada bulan Oktober 2011 sebagai tindak lanjut dari komitmen bersama itu adalah salah satunya apel kesadaran tingkat Madrasah yang dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Kepala Madrasah Negeri. Kegiatan ini diselenggarakan di MTs Negeri Wolowaru pada hari Senin, 17 Oktober 2011.
Apel Kesadaran Nasional dilakukan bersama dengan seluruh siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri Wolowaru dan Madrasah Aliyah Swasta Al-Muttaqin Wolowaru, yang dihadiri juga oleh segenap Kepala Madrasah Negeri sekabupaten Ende, para pejabat struktural pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, Kepala KUA Kecamatan Wolowaru, dan unsur Komite/Majelis Madrasah MTsN Wolowaru. Pada kesempatan ini, sebagai pembina upacara apel kesadaran, Yosef Nganggo, S.Ag memberikan apresiasi kepada segenap insan pendidikan di MTsN Wolowaru sekaligus menegaskan pentingnya meningkatkan mutu kinerja segenap pegawai dan para pihak sebagai tanda bakti kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    Segera setelah apel kesadaran nasional, digelar rapat koordinasi para kepala madrasah negeri bersama dengan segenap pejabat struktural pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh 14 orang pejabat (kepala madrasah negeri dan kasi/gara serta plt. Kasubag TU). Agenda rapat koordinasi ini adalah penegasan peran educator, manajer, administrator, supervisor, innovator, motivator dan koordinator pejabat, evaluasi data EMIS, laporan BOS, dan masalah lainnya. Dirasakan manfaat dari rapat koordinasi ini adalah semakin solid dan dekatnya relasi antara kepala madrasah negeri, juga antara kepala madrasah negeri dengan pejabat struktural pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende. 
        Karena itu, kegiatan ini dipandang sangat bermanfaat dan akan terus dilanjutkan pada setiap bulan, dan berdasarkan evaluasi atas kegiatan perdana ini diputuskan bahwa akan dilibatkan juga dalam kegiatan ini adalah para kepala madrasah swasta sekabupaten Ende. Pada kegiatan apel kesadaran tingkat madrasah sekabupaten Ende pada bulan November 2011 yang akan datang, diputuskan untuk melibatkan para kepala Madrasah Swasta dan Madrasah Negeri sekabupaten Ende. (jose)