HAB ke-66 Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Ende Berorientasi pada Kesehatan Masyarakat

Setiap tanggal 03 Januari setiap tahun, Kementerian Agama RI merayakan hari lahirnya. Hari lahirnya Lembaga Kementerian Agama RI ini dikenal dengan sebutan “Hari Amal Bakti”. Merujuk pada sebutan ini, setiap satker pada lingkup Kementerian Agama, baik di tingkat pusat sampai Kabupaten/Kota melakukan perencanaan, “Amal bakti apa yang mesti diupayakan sebagai fokus perhatian penyelenggaraan HAB”. Penyelenggaraan HAB RI ke-66 Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Ende memfokuskan perhatian pada upaya kesehatan masyarakat. Dalam upaya ini, segenap satker pada lingkup Kantor Kementerian Agama bermufakat untuk membentuk panitia khusus yang disahkan dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende Nomor: Kd.20.08/1/HM.00/1976/2011 tanggal 23 Nopember 2011. Kepanitiaan ini melibatkan semua pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, para Kepala KUA Kecamatan, Madrasah-Madrasah Negeri dan Swasta se- Kabupaten Ende, para Guru dan Pengawas di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, para penyuluh agama dan penghulu.


Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, dalam arahan pembentukan Panitia HAB RI ke-66 Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Ende menyampaikan bahwa perayaan HAB ke-66 Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Ende berorientasi pada Kesehatan Masyarakat. Kebijakan ini tidak mengabaikan pelayanan kesehatan oleh instansi terkait, namun sebagai bentuk kerja sama guna menyapa masyarakat dalam bahasa agama. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Ketua terpilih Bpk. H. Pua Ibrahim, S. Pd (Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam dan Pemb. Masjid) dalam sambutannya menegaskan bahwa kesepakatan yang telah dibuat bersama hendaknya dilaksanakan secara bersama dari perencanaan sampai pada pelaksanaannya. Dalam pertemuan pembentukan Panitia ini juga ditetapkan tempat dilaksanakan Bakti Sosial Bidang Kesehatan, yaitu di Kecamatan Nangapanda, desa Nggorea dan desa Rapowawo. Kegiatan amal bakti sosial kesehatan akan dilaksanakan berupa Pemeriksaan Kesehatan gratis dan pengobatan gratis bagi masyarakat. Selain itu, segenap aparat di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Ende akan melakukan donor darah secara sukarela. Kegiatan donor darah ini merupakan kerja sama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Ende.  
Jenis kegiatan olah raga yang dipertandingkan dalam meriahramaikan HAB kali ini adalah Tenis Meja; baik tunggal maupun ganda Putra-Putri.  Peserta pertandingan adalah semua pegawai dan guru-guru di lingkup Kankemenag Kab. Ende. Kegiatan olah raga penting dilaksanakan sebagai upaya membangun rasa kekeluargaan, sportifitas serta semangat juang dari segenap aparat di lingkup kantor Kemenerian Agama Kabupaten Ende. Pembukaan kegiatan HAB ke-66 Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Ende akan dilaksanakan pada hari Kamis, 09 Desember 2011 di Halaman Kantor Kementerian Agama, Jalan Melati Ende. Sedangkan upacara bendera pada hari puncak, tanggal 03 Januari 2012 akan dilaksanakan di MTsN Anaraja-Nangapanda Ende.

Penyelenggaraan Kegiatan HAB ke-66 Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Ende, 03 Januari 2012 dilaksanakan sebagai ungkapan syukur dan terima kasih kepada para pahlawan atau pencetus adanya Lembaga Kementerian Agama RI. Atas dasar itu, sepantasnya para pimpinan satker di lingkup kantor kementerian agama Kabupaten Ende bersepakat untuk menyelenggarakan perayaan HAB Kementerian Agma RI ke-66 Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Ende secara meriah. Kerjasama, dukungan dan partisipasi segenap aparat di lingkup kantor Kementerian Agama serta dinas dan instansi terkait adalah gambaran nuansa kekeluargaan dan kerukunan. Selamat beramal bakti! Ed. Flav & Don.