Kementerian Agama kabupaten Ende Menyelenggarakan Pengobatan Gratis







Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) ke-66 menyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial Pengobatan Gratis di Paroki Bunda Karmel Rajawawo-Kecamatan Nangapanda. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 17 Desember 2011 bertempat di halaman Gereja Paroki Bunda Karmel Rajawawo pada pukul 10.00 sampai 16.00.
  
 Diahadapan masyarakat atau umat yang hadir, Bapak kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende (Yosef Nganggo, S.Ag) dalam kesempatan sambutan menyatakan bahwa; setiap tanggal 03 Januari setiap tahun, Kementerian Agama RI merayakan Hari Jadinya yang dikenal dengan sebutan Hari Amal Bhakti. Berkenaan dengan perayaan ini jajaran kementerian agama berupaya menetapkan berbagai agenda kegiatan sebagai bentuk amal bhakti kepada masyarakat beragama. 

Dalam menyongsong hari jadinya Kementerian Agama RI ke-66, tanggal 03 Januari 2012, fokus perhatian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende adalah upaya kesehatan masyarakat. Ini didasari oleh keprihatianan atas fakta bahwa tingkat kesehatan masyarakat Kabupaten Ende sedang berada pada tingkatan yang memprihatinkan. Dan tingkatan kesehatan yang paling perlu mendapat perhatian serius adalah kesehatan ibu dan anak. (Pertemuan Orientasi Program Maternal Neonatal Health bagi Tokoh Agama yang bertempat di Hotel Grand Wisata, Ende pada tanggal 25 Oktober 2011). 

Dalam penjelasannya, Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ende juga menerangkan bahwa sebagian tugas dan fungsi Kementerian Agama adalah sebagai mediator, fasilitator serta koordinator. Atas kesadaran ini, berbagai upaya ditempuh guna memenuhi niat luhur bhakti sosial kesehatan ini. Beliau menambahkan bahwa kegiatan bhakti sosial kesehatan ini berhasil dilaksanakan berkat kerja sama dan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, para pemilik apotik yang ada di Kabupaten Ende, tenaga medis yang terdiri dari para perawat dan para Dokter serta para pimpinan dan tokoh agama yang berkenan menyumbangkan tenaga dan material berupa abat-obatan yang akan disumbangkan kepada masyarakat beragama yang membutuhkannya.

Atas perkenanan semua pihak yang terlibat aktif dalam kegiatan bhakti sosial gratis ini, Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende menyampaikan apresiasi dan penghargaannya yang dalam dengan mengucapkan terima kasih kepada Pastor Paroki Maria Bunda Karmel (Rm. Tomy Bhose, Pr), Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende (dr.Agustinus Ngasuh, M.Kes) beserta jajarannya yang telah menyediakan obat-obatan, tenaga medis serta peralatan kesehatan untuk mendukung kegiatan dimaksud. Tidak lupa juga bapak Kepala Kantor Kemenag Ende mengucapkan Terima kasih kepada Pimpinan Puskesmas Nangapanda Ibu Karolina Sona, beserta para dokter, bidan dan perawat yang telah meluangkan waktu dan tenaga bagi terselenggaranya kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Paroki Maria Bunda Karmel Rajawawo.

Kegiatan bhakti sosial kesehatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende (Bapak. dr. Agustinus Ngasu, M.Kes). Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan keprihatinannya atas kondisi jalan dari Nangapanda menuju Rajawawo yang sangat memprihatinkan. Berhadapan dengan kondisi ini, beliau akan berupaya membangun Pustu dan menempatkan tenaga medis dari daerah setempat sehingga mereka betah tinggal di desa tersebut. Ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dan berkaitan dengan kegiatan pelayanan kesehatan gratis ini, beliau menghimbau kepada warga masyarakat agar langsung menyampaikan keluhan atas gangguan kesehatan fisik kepada tenaga medis yang disiapkan, sedangkan kesehatan rohani silakan langsung berkonsultasi dengan pastor paroki dan Kementerian Agama Kabupaten Ende. Pernyataan ini disampaikan dihadapan masyarakat yang disambut dengan tepuk tangan dan sorak sorai masyarakat penuh antusias.

Dalam kegiatan yang penuh arti ini, terhimpun jumlah pasien sebanyak 284 orang dengan jenis penyakit yang bervariasi; Ispa (inveksi saluran pernapasan), Hipertensi, Reumatik, Dermatitis. Kegiatan pelayanan kesehatan dilaksanakan dengan baik dan penuh perhatian dari para Dokter (dr.Helda Fristati Sihotang dan dr. Jonathan), tiga orang bidan dan empat orang perawat. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat beragama di Rajawawo. Dan dalam perencanaan kegiatan yang sama akan dilaksanakan di Desa Nggorea-Kecamatan Nangapanda pada hari Kamis tanggal 22 Desember 2011. (Ed.Flv & Don)