ANARAJA SEMARAK DI HARI AMAL BAKTI KE-66

Berarak bersama menuju lapangan apel Anaraja, Nangapanda
Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, pada hari Selasa, 03 Januari 2012 bergerak perlahan menuju arah barat Kota Ende, tepatnya 25 km yakni di Desa Persiapan Anaraja, Kecamatan Nangapanda. Rombongan bergerak dengan menggunakan kendaraan kebanggaan Kijang Kapsul EB 146 E, sebuah DAMRI dan puluhan kendaraan roda dua. Dengan mengenakan seragam Korpri tampak pagi yang mendung ini dihiasi warna putih... Di pinggir jalan menuju Anaraja, tampak tatapan mata penuh sejuta tanya dari warga sekitar yang menyaksikan pemandangan tidak biasa ini. Ada apa ya? 

        Di wilayah Desa Maunggora, tempat di mana Bapak Wakil Presiden RI, Budiono bersama beberapa Menteri, termasuk Menteri Agama RI, Bapak H. Suryadarma Ali melakukan kunjungan kerjanya, pada tahun 2010, tampak barisan Drum Band dari siswa-siswi MIN Ende mulai menabuh drum-drumnya, dengan irama Mars yang enak didengar telinga dan pas di langkah kaki, mereka telah berhasil menarik perhatian segenap warga Desa Maunggora untuk bergerak ke jalan raya menuju Desa Persiapan Anaraja, tempat akan dilangsungkan apel bendera memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI yang ke-66, tingkat Kabupaten Ende.
       Halaman MTsN Anaraja, Kecamatan Nangapanda telah dipenuhi dengan hiasan umbul-umbul aneka warna dan tenda biru berhiaskan bunga-bunga cantik. Sebagian besar siswa-siswi Madrasah se kabupaten Ende bersama dengan para guru pendampingnya telah berdiri di tengah lapangan apel, pada posisinya masing-masing. Hari ini Anaraja semarak dihiasi oleh anak-anak Ikhlas Beramal dalam rangka apel bendera dan ramah tamah sederhana memperingati HAB Kementerian Agama RI yang ke-66, tingkat Kabupaten Ende.
Yosef Nganggo, S.Ag (kepala kankemenag kab. Ende) ketika
membacakan sambutan Menteri Agama RI

Alam yang teduh dengan rimbunan pepohonan hijau, hampir menghapus bayangan bahwa Anaraja ini sebenarnya terletak tepat di bibir pantai Selatan... Upacara apel bendera dihadiri oleh tamu undangan, para purna bakti dan para pihak yang telah bersama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende membangun kehidupan agama di bumi Ende Lio Sare Pawe ini. Dalam sambutan Menteri Agama RI yang dibacakan oleh pembina upacara, Yosef Nganggo, S.Ag (kepala kantor kemenag kab. Ende), ditegaskan harapan menteri agama RI, Suryadharma Ali, agar segenap insan Ikhlas Beramal mengingat peristiwa penting  yang diambil pemerintah atas usulan anggota parlemen yang pada saat itu bernama Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). Usulan tersebut agar dibentuk Kementerian yang khsuus untuk menangani masalah agama dalam struktur Pemerintahan Negara RI, sehingga pada 3 Januari 1946 Kemenag resmi dibentuk dengan Menag pertama Haji Mohamaad Rasjidi.
Menag minta kepada seluruh jajaran aparatur Kementerian Agama di pusat maupun di daerah memperteguh komitmen serta meningkatkan integritas dalam menaati aturan. Selain mempedomani penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntabel dengan mengedepankan nilai-nilai kejujuran, juga etika kerja yang benar serta menjauhkan diri dari perbuatan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Pada usia ke-66 sepatutnya kita merenungkan kembali titik tolak perjalanan dan kiprah Kementerian Agama dalam pusaran sejarah bangsa Indonesia seiring dengan dinamika yang terjadi dalam kehidupan umat dalam bangsa dan negara Indonesia yang kedepannya semakin berat,” katanya.
Lebih lanjut Menag mengatakan, ada 4 tugas dan fungsi yang dikelola dan Kementrian Agama, meliputi peningkatan kualitas kehidupan beragama, kerukunan umat beragama, pendidikan agama, pendidikan keagamaan serta madrasah, dan penyelenggaraan ibadah haji. Untuk mencapainya, perlu kerjasama semua pihak terkait beserta jajarannya dengan berkoordinasi, kerjasama dan bersinergi serta didukung oleh pemangku kepentingan (stakeholders) Kementerian Agama. 
aksi mayoret cantik dari MIN Ende
Di tengah guyuran hujan gerimis, peserta apel dengan tekun dan tegar mengikuti apel hingga acara berakhir.  Dan pada kesempatan apel ini, Bapak Presiden RI berkenan memberikan penghargaan Satya Lencana Pengabdian kepada para PNS di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende yang telah mengabdi sebagai PNS untuk masa bakti 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. Penyematan tanda jasa satya lencana dilakukan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, Yosef Nganggo, S.Ag. Juga pada kesempatan ini diberikan piagam penghargaan sebagai ucapan terima kasih dan apresiasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende kepada para pihak yang telah berjasa pada penyelenggaraan HAB ke-66 ini yakni, Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Puskesmas Nangapanda, PMI Cabang Ende, BRI Cabang Ende, Kopdit Karya Duta dan BRI Unit Marilonga Ende, serta segenap warga desa persiapan Anaraja. Apel bendera diakhiri dengan atraksi drum-band dan marching band dari MIN Ende dan MAN Ende yang telah memberikan warna semarak yang luar biasa pada momen peringatan HAB ke-66 tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende. Dirgahayu Kementerian Agama, Ad multos annos.... semoga selalu menjadi yang terdepan dalam menjaga kerukunan hidup di bumi Kelimutu, Ende Lio Sare Pawe yang BERNAS, beriman, cerdas, rukun dan sejahtera... (jose)