Memantapkan Spiritualitas Kekitaan Menuju Ende Bernas


SAMBUTAN NATAL BERSAMA 2011
KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN ENDE, 05 JANUARI 2012


Para Tamu Undangan yang saya muliakan,
Segenap Umat Kristiani di kabupaten Ende, yang saya cintai,
Serta segenap warga ikhlas beramal yang saya banggakan.

Salam Rukun dan Sejahtera,
Mengawali sambutan ini, saya mengajak hadirin sekalian untuk sekali lagi, memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena pada hari ini, kita dapat kembali menghadiri perayaan Natal Bersama Tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende.

Sehubungan dengan itu, atas nama lembaga kementerian agama, pribadi dan keluarga, saya menyampaikan salam bahagia kepada umat Kristiani yang merayakan Natal tahun 2011 ini. Semoga perayaan Natal tahun ini membawa, kebahagiaan, kedamaian, dan kesejahteraan kepada segenap Umat Kristiani, dan kepada kita semua, warga Ikhlas Beramal Kabupaten Ende. Juga saya menyampaikan Bahagia Tahun Baru 2012.


Hadirin sekalian yang saya hormati,
Kita juga bersyukur, perayaan Natal tahun ini berjalan khidmat, tertib dan damai. Umat Kristiani di seluruh penjuru tanah air, secara khusus di Kabupaten Ende dapat merayakan ibadah dengan tenang dan semarak. Kita berbeda dan kita saling menghargai perbedaan. Ini merupakan pertanda baik memasuki tahun 2012, tahun naga air yang menyejukan, menyegarkan, dan menenangkan, menuju Ende BERNAS, yang makin beriman, makin cerdas, makin rukun dan makin sejahtera.
Kita menyadari bahwa wilayah Ende Lio Sare Pawe kita adalah kabupaten yang majemuk. Wilayah yang memiliki keragaman agama, suku, serta bahasa dan budaya lokal. Tidak ada cara lain untuk menghadapi kemajemukan itu, kecuali kita membangun kebersamaan, saling hormat-menghormati, serta saling menghargai perbedaan masing-masing.

Keragaman yang kita miliki harus kita terima sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Perbedaan agama dan juga paham keagamaan harus kita tempatkan sebagai sebuah keyakinan yang harus kita hormati dengan lapang dada. Karena itu, pada kesempatan berahmat ini, patut kita sampaikan ucapan terima kasih berlimpah dan rasa syukur berganda kepada saudara-saudari kita kaum muslimin dan muslimat, yang diwakili oleh ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan Unit Agama pada MAN Ende yang telah berkenan melancarkan terselenggaranya perayaan Natal Bersama Tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende, pada hari ini.

Hadirin sekalian yang saya hormati.
Tema perayaan Natal Bersama tingkat Nasional adalah ”Bersama Kita Bisa Mewujudkan Bangsa yang Lebih Baik”. Dalam sambutannya pada perayaan Natal Bersama Nasional pada 27 Desember 2011 silam, Bapak Presiden Republik Indonesia, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa tema Nasional ini dinilainya tepat dan relevan. Tepat, karena saat ini kita berada pada proses pembangunan yang terus bergerak maju. Dalam proses pembangunan itu, kita memerlukan kebersamaan di antara komponen bangsa. Apapun identitasnya, dan apapun agamanya, apakah itu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, atau Konghuchu, memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama untuk memajukan negeri tercinta ini.
Demikianpun perayaan Natal Bersama Tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende hari ini mengangkat tema: “Memantapkan Spiritualitas Kekitaan Menuju Ende Bernas”. Tema ini pun tidak kalah tepat dan relevan untuk konteks Kabupaten Ende tercinta ini.
Visi kita bersama adalah Tahun 2014, Masyarakat Kabupaten Ende Beriman, Cerdas, Rukun dan Sejahtera (B E R N A S). Visi ini dijabarkan secara komprehensif dan terpadu ke dalam 5 Misi. Untuk mewujudkan visi dan misi ini kita harus satu kata mewujudkan semboyan: “dari koeksistensi menuju kolaborasi,” yakni dari ada bersama menuju bekerja bersama-sama. Semboyan ini kita mantapkan lagi dengan mengembangkan “spiritualitas kekitaan” yakni senantiasa berupaya membangun jembatan komunikasi dan koordinasi. (koordinasi lintas sektoral, tendangsekat).
Hadirin sekalian yang saya hormati,
Pada momen perayaan Natal Bersama Warga Ikhlas Beramal Kabupaten Ende ini, setelah bersama kita merayakan Ulang Tahun Kementerian Agama RI tingkat Kabupaten Ende dengan meriah di Anaraja, kita mau memantapkan lagi spiritualitas kekitaan tersebut menuju Ende Bernas. Semangat kekitaan,  jangan lagi ada sekat diskriminasi, saling membeda-bedakan untuk pilih kasih. Walau demikian, bukan berarti kita semua meleburkan diri menjadi satu dan sama. Bukan itu maksudnya. Kita tetaplah berbeda !!!
Spiritualitas kekitaan adalah semangat yang menjiwai tingkah laku dan pola pikir kita untuk memandang diri sendiri dan orang lain sebagai bagian integral dari satu persekutuan hidup yang saling membutuhkan dan saling melengkapi satu sama lain. Aku tetaplah aku, dan kamu tetaplah kamu, tetapi aku dan kamu membentuk KITA. Ibarat tubuh manusia terdiri dari bagian-bagian seperti Kepala, Dada, Perut, Tangan, Kaki, Telinga, Mata, dan lain-lain. Setiap bagian berada dalam keunikan bentuk, fungsi dan esensinya, tetapi bersama-sama bekerja dan berfungsi menjadikan tubuh itu hidup dan berkarya. Demikianlah, kita berbeda dalam segala hal, agama, budaya, bahasa, wajah, perawakan, minat, hobi, bakat dan kemampuan, tetapi kita berada bersama (ko-eksistensi) dan bekerja bersama (ko-laborasi) di bawah naungan Ikhlas Beramal mewujudkan visi TAHUN 2014 ENDE BERNAS.

Hadirin sekalian yang saya muliakan, 
Saat ini adalah saatnya kita untuk terus bekerja dan berupaya demi kemajuan bangsa, secara khusus Kabupaten Ende Lio Sare Pawe. Mari kita satu padukan energi positif yang kita miliki, untuk mewujudkan mimpi besar kita ini. Mari kita bangun kerukunan beragama dengan memperkokoh toleransi. Mari kita tumbuhkan budaya saling menghargai dan saling menghormati. Dengan cara itu, kita dapat menjadi kabupaten yang besar, yang memiliki peradaban unggul dan maju, yang mulia dan dihormati, Kabupaten Ende Lio Sare Pawe yang BERNAS.

Mari kita bersama melangkah di tahun 2012 dengan penuh semangat dan pengharapan. Marilah kita tingkatkan kebersamaan dan kerja keras kita, untuk berbuat yang lebih baik lagi. Kesalahan dan ketidakpatutan dalam tahun 2011, janganlah kita ulangi dan jangan terjadi lagi di tahun 2012. Dengan iman, pengharapan, dan kasih, mari terus kita bangun Ende Lio Sare Pawe yang lebih BERNAS, lebih beriman, lebih cerdas, lebih rukun dan lebih sejahtera.

Demikianlah sambutan saya pada Perayaan Natal Bersama Tingkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende tahun ini. Kiranya kasih Tuhan Yang Maha Esa menyertai kita semuanya.

Selamat Natal 2011, Selamat Tahun Baru 2012.
Terima kasih.
Yosef Nganggo, S.Ag
(kepala kantor kementerian agama kab. Ende)ed.jose