LOKETA tingkat Kemenag Kab. Ende

Bapak Yosef Nganggo, S.Ag (PYMT Kepala Kemenag Kab Ende) ketika memberikan sambutan membuka kegiatan Loketa 2010 tingkat Kementerian Agama Kab. Ende di Aula Gedung Monitoring Jl. katedral.
(Ende: admin) Selasa, 24 Mei 2010: Seksi Kependidikan Agama Islam dan Pemberdayaan Masjid menyelenggarakan Loketa tingkat Kabupaten Ende. Loketa (lomba keterampilan agama) antar siswa SD, SMP dan SMA/SMK merupakan ajang untuk berkompetisi, mengembangkan bakat dan seni serta sebagai ajang perwujudan persaudaraan antar sesama warga sekolah. Tema kegiatan ini adalah : “Dengan loketa, kita tumbuhkembangkan bakat, minat, dan potensi bidang seni islami, mempererat ukhuwah, serta membina persaudaraan dan kesatuan bangsa sesama pelajar.”
Tujuan kegiatan ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua panitia, Husni, S.Ag, adalah untuk mengembangkan bakat, minat dan memacu potensi siswa Islam, sebagai sarana silahturahmi, memberikan apresiasi kepada siswa berprestasi, sekaligus adalah ajang seleksi untuk mewakili kabupaten Ende dalam lomba yang sama di tingkat propinsi di Kupang.
Cabang yang dilombakan dalam loketa tahun 2010 ada 3 yakni Lomba baca Alqur’an-Saritilawah tingkat SD diikuti oleh 26 peserta dari 23 SD yang mendaftar; Lomba cerdas cermat dan Lomba pidato tingkat SMP diikuti oleh 6 peserta dari 2 SMP yang mendaftar; dan Lomba Nasyid tingkat SMA/SMK yang diikuti oleh 5 group (masing-masing 4 siswa) dari 5 SMA/SMK yang mendaftar lomba.
Kegiatan loketa ini berlangsung selama 3 (tiga) hari yakni 24 s.d 26 Mei 2010, bertempat di aula gedung monitoring pendidikan Kementerian Agama Kabupaten Ende, Jalan Katedral, Ende. Dan dibiayai oleh DIPA Kanwil Kementerian Agama Propinsi Nusa Tenggara Timur melalui program wajib belajar pendidikan sembilan tahun. Serta dilaksanakan oleh seksi kependidikan agama islam dan pemberdayaan masjid pada Kantor Kementerian agama kab. Ende.
Kegiatan dibuka oleh Yosef Nganggo, S.Ag (PYMT Kepala Kementerian Agama Kab. Ende). Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa kegiatan lomba keterampilan agama seperti ini akan membentuk siswa-siswi yang sehat jiwa raganya, cerdas perangainya, kritis pikirannya, taqwa perilakunya dan siap pribadinya dalam mengarungi era yang kompetitif ini. Dan hal ini sejalan dengan visi kementerian agama kabupaten ende yakni Ende 2010: masyarakat agamis, cerdas dan Rukun Mengharum. Dengan kegiatan loketa tingkat kabupaten Ende ini diharapkan menjadi motivasi bagi siswa-siswi dalam mengikuti pendidikan secara keseluruhan dan secara khusus memotivasi siswa-siswi untuk mengembangkan bakat, keterampilan dan seni di bidang agama, dalam rangka mewujudkan budaya keanekaragamanan, budaya heterogenitas di sekolah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan akhlakul karimah.