PELUNCURAN WEBSITE KEMENAG KAB. ENDE

Tampak KaKanKemenag Kab Ende,Drs.Sarman Marselinus ketika memotong tumpeng singkong (uwi ndota) disaksikan oleh Kasubag TU, Yosef Nganggo, S.Ag, Ibu Hj. Saleha D. Djafar (Peny. Zakat dan Wakaf) serta Ibu Dra. Ani Mapawa (kepala MIN ENDE) pada peluncuran website Kantor Kemenag Kab. Ende
Pada mulanya adalah bicara-bicara lepas dari seorang Kraeng Marsel Sarman tentang mengoptimalkan pemakaian alat informasi dan komunikasi dalam pelayanan perkantoran modern. Kemudian, lahirlah ide untuk membuat sebuah website sederhana yang sedapat mungkin efisien dan efektif dalam membahasakan apa yang sebenarnya “ada dan terjadi” dalam tubuh kantor kemenag kab. Ende. Dan karena itu, kini telah ada sebuah website ‘pemula’ milik Kantor Kementerian Agama Kab. Ende. Dikatakan demikian karena sesungguhnya ini merupakan sebuah langkah paling berani di tengah terbatasnya sumber daya manusia yang paham tentang dunia maya ini. Namun di tengah keragu-raguan ini, ada harapan cerah karena toh sebelumnya Kantor Kemenag Kab. Ende sudah memulai penerbitan buletin triwulanan MI MENGE (bahasa Ende Lio yang jika diterjemahkan berarti Harum Mewangi, Sedap, Nikmat, Indah).
Buletin ini telah berhasil dipublikasikan dalam 6 Edisi. Dalam perjalanan waktu, sembari berusaha mengapresiasi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini, dirasakan bahwa penerbitan buletin MI MENGE ini masih dapat dilanjutkan tetapi dalam wajah dan kemasan yang berbeda yakni melalui website ini.
Ketika Kantor Kemenag Kab. Ende pada pertengahan bulan September 2009 beralih nahkoda dari Drs. Agustinus T. Gempa kepada Drs. Sarman Marselinus, dimulailah perkenalan dengan dunia maya dalam Kantor Kemenag Kab. Ende. Bukan karena kebetulan Bapak Sarman Marselinus sangat meminati dunia teknologi infokom saja, tetapi memang karena sudah waktunya untuk beralih selangkah lebih maju. Apalagi hal ini sebenarnya sudah ditandaskan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi NTT, Drs. Frans Sega, M.Si dalam tiga pilar program yakni Penataan Manajemen Perkantoran Modern dan Penataan Jejaringan Kerja (Networking system). Awalnya, Pak Marsel sendirian yang memasang kabel-kabelnya, men-setting software dari komputer-komputer kantor, sekaligus memotivasi segenap pegawai untuk tiada hentinya meng-up date SDM masing-masing agar tidak tertinggal oleh kemajuan jaman. Dan sangat patut disyukuri bahwa ajakan ini diterima dan menjadi dorongan bagi segenap pegawai untuk berani menerjuni dunia penuh tantangan dan godaan ini.
Pada awal bulan April 2010, dimulailah proses melahirkan website kantor kemenag Kab. Ende. Memang jauh jaraknya, seorang sukarelawan muda dari kota dingin Ruteng, Mas Sofyan Voice Cell dengan penuh keikhlasan mendesign website ini, kemudian pada awal bulan Mei 2010, saudara John Baptiste Seja, S.Fil bersama dengan Pak Sarman Marselinus menuju kota dingin Ruteng guna mempelajari seluk-beluk mengelola website, dan tentu saja dibawah bimbingan Mas SofyanVoice Cell selama 3 hari yakni Selasa, 4 sampai Jumad, 7 Mei 2010. Ini salah satu alasan, mengapa di dalam salah satu link website kantor kemenag Kab. Ende, terdapat koneksi langsung ke alamat website Voice Cell Ruteng yang di dalamnya terdapat sekian banyak tips-tips menekuni dunia maya ini. Kita pasti akan semakin diperkaya jika memasuki alamat website Voice Cell ini.
Hari ini, Jumad, 14 Mei 2010, dengan penuh bangga kita bersama mempersembahkan website kantor kementerian agama kab. Ende... (admin)