Kegiatan Pembinaan Pasraman Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Ende


Siswa-siswi Pasraman & Para Pendamping Bergambar Bersama Bpk. Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ende, pada pembukaan kegiatan, Minggu 14 November 2010 di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Ende, Jalan Melati
Minggu, 14 November 2010 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende berlangsung kegiatan Pembinaan Pendidikan Agama Dan Keagamaan Hindu. Peserta pertemuan terdiri dari siswa-siswi pasraman atau sekolah minggu bersama para pendamping. “Ini merupakan perjumpaan perdana dengan umat Hindu Kabupaten Ende” Kata Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende disela arahannya. Dalam arahan Bpk. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende (Bpk. Drs. Sarman Marselinus) kembali menekankan pentingnya pembinaan dan pendampingan iman dan moral bagi anak-anak usia sekolah sebagai generasi penerus bangsa.


Lebih lanjut ditegaskan Bpk. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende bahwa, salah satu program utama kepemerintahan Indonesia saat ini adalah upaya peningkatan sumber daya manusia. Daya dukung utama terhadap program ini adalah pendidikan formal dan non formal dalam berbagai jenis dan spesifikasi ilmu pengetahuan. Dalam konteks mencerdaskan kehidupan bangsa yang berke-Tuhan-an Yang Maha Esa ini, pendidikan agama dan keagamaan memiliki peran strategis guna menanamkan nilai-nilai moral keagamaan kepada peserta didik sekaligus sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan lainnya.

Patut disadari bahwa persoalan sosial yang terjadi dan mencederai kerukunan dan persaudaraan antar pemeluk agama yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa juga disebabkan oleh keterbatasan pemahaman agama yang juga diakibatkan oleh keterbatasan pendidikan agama dan pemahaman wawasan kebangsaan yang seharusnya telah ditanamkan sejak dini pada peserta didik atau siswa-siswi. Atas latar belakang pemahaman ini, kepada setiap siswa-siswi harus dibekali dengan pengetahuan agama dan keagamaan yang memadai sebagai dasar dalam pertemuan dan perjumpaan dengan masyarakat dari agama dan kepercayaan yang berbeda. Namun pandangan ini justru menjadi kendala utama bagi siswa-siswi beragama Hindu yang tersebar di setiap sekolah formal di Kabupaten Ende, dimana sebagian besar siswa-siswi tidak dapat mengikuti pendidikan agama Hindu secara memadai.

Dalam kaitan dengan hal tersebut diatas, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende sesuai tugas dan fungsinya sebagai penjabaran visi misi bersama yang dicanangkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi NTT tahun 2006-2010 yaitu : “terciptanya masyarakat agamis, cerdas dan rukun mengharum”dalam visi : Peningkatan Pendidikan Agama & Keagamaan serta Kerukunan Umat Beragama dipandang penting untuk menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Pendidikan Agama dan Keagamaan Hindu Bagi Siswa-Siswi Pasraman Tingkat Kementerian Agama Kabupaten Ende Tahun 2010.