DOA PADA UPACARA PERINGATAN HARI PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI KE-66 TINGKAT KABUPATEN ENDE


Doa Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende (Yosef Nganggo, S.Ag)pada peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-66 Tingkat Kabupaten Ende, di Lapangang Pancasila Ende.


Hadirin sekalian, marilah kita pada hari penuh kenangan ini, berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menurut agama dan keyakinan kita masing-masing! yang berkeyakinan Katolik mengikuti doa yang saya haturkan ini...........

Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin

Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Penyelenggara! Segala hormat, pujian dan sembah bhakti, kami haturkan kehadirat-Mu atas anugerah terindah; negeri yang merdeka, negeri tercinta Indonesia, tempat kami hidup berseri ceria dibawah naungan sakti Pancasila.



Berkat tuntunan-Mu, pada hari ini kami berkumpul sebagai satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah air untuk boleh memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia ke-66. Pada kesempatan yang istimewa ini, kami mengenang dan mendoakan para pahlawan, pejuang kemerdekaan bangsa kami; berilah istirahat kekal bagi mereka yang telah gugur. Dan bagi mereka yang telah berjasa menegakan kemerdekaan dan membesarkan bangsa ini; kami haturkan doa kehadirat-Mu, semoga mereka menerima ganjaran berkat-Mu yang berlimpah, baik yang masih ada bersama kami di dunia ini, maupun yang telah dikau panggil menghadap hadirat-Mu.

Ya Tuhan yang maha pengasih dan penyayang! Kokohkan landasan hidup bersama, karunikan kami roh toleransi agar kami mampu saling mengasihi. Berilah kami semangat kerukunan agar sanggup memahami dan berlaku saling menghormati. Curahkanlah roh solidaritas agar kami saling berbagi dan mendukung. Satukanlah kami dalam damai-Mu. Kuatkanlah kami dalam perjuangan. Ciptakan karsa dalam membangun bangsa menuju hidup adil dan sejahtera secara merata.

Pandanglah kami semua yang hadir di sini, dan juga saudara-saudari kami se-bangsa dan se-tanah air di seluruh persada nusantara tercinta ini. Selimutilah kami dengan rasa aman dan damai, jauhkan segala bencana dan malapetaka yang mengancam jiwa raga dan ke-Indonesiaan kami. Lengkapilah kami dengan segala kemampuan lahir dan batin agar mampu serta sanggup mengolah negeri kami dengan lebih baik, menciptakan sejarah yang berharga dan layak dikenang bagi para alih waris negeri kami di kemudian hari.

Akhirnya, dengan rendah hati kami memohon ampun atas segala dosa dan kesalahan serta kelalaian kami. Sempurnahkanlah amal bhakti kami di hadapan-Mu. Semoga seluruh hidup kami, layak menjadi persembahan kepada-Mu. Karena Dikaulah Tuhan dan junjungan kami, kini dan sepanjang masa. Amin.

Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.