Lembaga Pendidikan Agama Katolik Tingkat Sekolah Menengah Atas SMAK St. Thomas Morus Ende Memulai Tahun Pelajaran Pertama pada Bulan Agustus 2012



Lembaga Pendidikan Agama Katolik (SMAK) Santo Thomas Morus Ende, pada tahun 2012 akan memulai tahun pembelajaran I (pertama), kelas X. Lembaga pendidikan agama Katolik yang didirikan atas inisiatif para awam Katolik Kabupaten Ende dan telah dikuatkan dengan surat keputusan Mgr. Vinsensius Poto Kota, Pr (Uskup Agung Ende) dan untuk sementara bernaung di bawah Yayasan Keuskupan Agung Ende ini, sejak dibukanya pendaftaran peserta tanggal 01 Juni sampai dengan tanggal 14 Juli 2012 telah memiliki siswa berjumlah 114 orang. Para siswa-siswi yang terdaftar akan melaksanakan masa orientasi sekolah pada tanggal 23 s.d 25 Juli 2012 dan akan melaksanakan misa pembukaan tahun pembelajaran 2012 pada tanggal 30 Juli 2012 di Gereja Khathedral Ende.



Menjelang tahun pembelajaran SMAK St. Thomas Morus Ende ini, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ende cq. Seksi Pendidikan Agama Katolik mengadakan kegiatan Pembinaan Lembaga Pendidikan Keagamaan Katolik Tingkat Sekolah Menengah Atas. Kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai bentuk partisipasi Kementerian Agama Kabupaten Ende untuk penguatan lembaga pendidikan agama Katolik Tingkat Sekolah Menengah Atas. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, tanggal 13 s.d 15 Juli 2012 di Wisma Emaus Jalan Diponegoro Ende. Peserta kegiatan ini adalah para pengelolah atau kependidikan dan para guru atau pendidik. Kegiatan ini dilaksanakan guna penyamaan persepsi, penyatuan visi-misi serta orientasi SMAK St. Thomas Morus Ende menuju tercapainya tujuan penyelenggaraan pendidikan keagamaan Katolik pada SMAK St. Thomas Morus Ende.

Penyelenggaraan kegiatan dengan tema umum : Duc In Altum (bertolaklah ke tempat yang lebih dalam, Luk 5:2-6) merupakan sebuah inspirasi yang menarik untuk disimak bersama segenap penyelenggara SMAK St. Thomas Morus Ende. Bertolak dari tema umum ini, dijabarkan lagi dalam sub tema yang dibawakan oleh para pemateri sebagai berikut : Pertama, Yosef Nganggo, S. Ag (Kakankemenag Kab. Ende) dengan materi, kebijakan pemerintah dibidang pendidikan agama dan keagamaan. Kedua, Rm. Adolfus Keo, Pr (Vikep Ende) dengan materi “St. Thomas Morus sebagai tokoh awam yang sungguh menghayati spiritualitas Gereja Katolik” . Ketiga, Rm. Herman E. Wetu, Pr dengan materi “Model-model palayanan Guru Katolik dalam dunia pendidikan”dan Keempat, Yohanes B. Seja, S. Fil (Wakil dari Badan Pendirian dan Penyelenggara SMAK St. Thomas Morus Ende) dengan materi “Pembenahan Kurikulum dan Informasi penyelenggaraan SMAK St. Thomas Morus Ende”. Melalui kegiatan ini, telah ditetapkan kurikulum pembelajaran SMAK St. Thomas Morus Ende serta pembagian tugas dan wewenang tenaga pendidik dan kependidikan pada SMAK St. Thomas Morus Ende. Ed. Flv.